.

.

Kamis, 16 Februari 2012

PESAN-PESAN TAQWA


TERJUAL BY JOGJA
Judul: PESAN-PESAN TAQWA, kumpulan ceramah jumat Nurcholish Madjid di pelataran parkir Universitas Paramadina
Penulis: Nurcholish Madjid
Terbitan:  PARAMADINA Jakarta 2000
EDITOR: Asrori S. Karni
Cetakan I, Desember 2000
Tebal: 168

Harga: Rp. 50.000


Dalam buku Pesan-Pesan Taqwa Nurcholish Madjid, terbitan Paramadina, yang merupakan kumpulan ceramah jumat Nurcholish Madjid di pelataran parkir Universitas Paramadina, disana dikatakan bahwa seseorang telah lalai dalam shalatnya ketika keseharian dalam hidupnya di luar shalat, tidak mencerminkan layaknya orang yang shalat. Misalkan dia shalat, akan tetapi menghardik anak yatin ([107] : 2), tidak member makan orang miskin ([107] : 3) tettunya bagi mereka yang mampu berbagi, yang pada initinya kesolehan vertikalnya tidak ia wujudkan pula dalam kesolehan horizontal.
Hal yang sangat berkesan yang saya dapatkan pula dalam buku ini, ialah mengenai pesan yang terdapat dalam gerakan shalat. Shalat kita awali dengan tkbilatulihram yakni takbir yang mengharamkan segala pekerjaan selai menghadap Allah, takbir ini menggambarkan kesadaran vertical. lantas diakhiri dengan salam, dengan menggerakan ke sebelah kanan lantas dilanjut ke kiri, secara simbolik menunjukan bahwa kita memiliki perhatian kepada sesama manusia. pesan ini kira-kira jika diuraikan dalam kata-kata ialah, “Kamu betul telah sungguh-sungguh menghadap-Ku melalui shalatmu, membina hubungan yang baik dengan-Ku. Maka tunjukkanlah buktinya dengan membina hubungan yang baik dengan sesame manusia.” Itulah akhlaqul karimah.
Jadi kesimpulan yang bisa diambil ialah, jika kita benar-benar beriman atau dengan kegiatan ibadah kita wujudkannya, maka haruslah pula kita wujudkan dengan membina hubungan yang baik dengan sesama manusia, tanpa memandang status, strata, dll.

Source:
http://faizal-azmi.blogspot.com/2012/01/lembang-pencerahan-pribadi-untuk.html

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis