.

.

Selasa, 21 Agustus 2012

Dewi uban Opera Lima Babak


Harga: Rp.35.000 (blum ongkir)
Kondisi: Bagus, habis buka segel.
Tebal: 132 halaman
Berat: 0,17 Kg
Cet 2 Lentera Dipantara, Jakarta 2003
Penulis: He Tjing-Ce & Tjing Ji
novel yang diterjemahkan oleh pramoedya ananta toer, berkisah tentang legenda dewi uban di dataran cina.
alkisah, seorang bapak harus menjual anak gadis semata wayangnya kepada tuan tanah karena hutangnya yang berjibun. bukannya mendapat perlakuan layaknya nyonya tanah, si gadis harus menjadi budak ibu suri (ibu sang tuan tanah). hingga suatu saat si tuan tanah tega memperkosa si gadis. justru ketika tahu hamil, si gadis berusaha dilenyapkan. tapi seorang emban/pelayan membantu si gadis melarikan diri. si gadis pun bersembunyi di hutan belantara dan melahirkan seorang diri. tiga tahun kemudian, si gadis keluar dari goa persembunyiannya dan mencari makan. karena tidak pernah terkena matahari selama bertahun-tahun, kulit dan rambut si gadis berubah menjadi putih. bingung mencari makan, si gadis mencuri sesaji di kuil. masyarakat sekitar yang melihat mengira si gadis adalah hantu atau jelmaan dewi uban sehingga setiap bulan purnama warga memberikan sesaji di klenteng.
hingga suatu hari, prajurit dari kota penasaran ingin melihat si dewi uban karena tidak percaya cerita warga. dari situlah terungkap kisah tragis si gadis yang menjelma menjadi dewi uban.
kisah ini berdasar kisah nyata pada zaman sebelum komunis masuk ke cina. praktek penjualan anak gadis kepada tuan tanah sebagai ganti rugi hutang petani penggarap tanah yang meninggi karena bunga.


0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis