.

.

Sabtu, 10 Maret 2012

SURAPATI


MAAF, SUDAH TERJUAL by TANGERANG SELATAN

Judul: SURAPATI
Penulis: ABDOEL MOEIS
Tebal: 307
Penerbit: PN Balai Pustaka, dJakarta
Tahun: Cetakan Keempat, 1965
Kondisi: Lumayan Bagus

Price: IDR 150.000,00  (belum termasuk ongkos kirim)



Surapati merupakan karya sastra berlatar belakang sejarah.Tentang nama Surapati. Tidak dapat dipisahkan dengan tokoh utama dalam cerita ini yaitu Untung.Siapakah untung sebenarnya ?, Ia terlahir sebagai budak,diempaskan dari kampong halamannya serta kerabatnya.semasa ia masih kanak-kanak,sesudah remaja ia dipenjara,disiksa siang malam, karena ia mencintai Suzanne dan Suzanne mencintainya.
Kisah ini dimulai dengan kehidupan tuan Edeller Moor bangsa Belanda.Dia mempunyai seorang anak perempuan bernama Suzanne.Pada saat usianya menginjak enam bela tahun, Suzanne tumbuh menjadi seorang gadis yang cantik wajahnya. Selain Suzanne Adeller Moor juga mempunyai seorang budak bernama Untung.Untung dibeli oleh Adeller Moor dari seorang bernama Van Beber dengan maksud sebagai teman bermain bagi Suzanne, saat Suzanne masih kecil.Asal-usul Untung diperkirakan dari Bali.
Kedekatan Untung dan Suzanne menjadikan keduanya saling mencintai.Pada akhirnya pada suatu hari secara diam-diam, atas bantuan Kiai Ebun keduanya melangsungkan pernikahan secara islam.
Mendengar berita tentang pernikahan anaknya tersebut, Adeller Moor marah besar .Akibatnya Untung bersama dengan Kiai Ebun ayahnya dimasukkan ke dalam penjara.
Dengan bantuan teman-teman seperjuangan Untung yang dimotori oleh Wirayuda, akhirnya untuk dapat keluar dari penjara.Setelah keluar dari penjara untung bersama kawan-kawannya melakukan perlawanan terhadap Belanda.Karena persenjataan serta jumlahnya yang kalah, maka untung dikejar dan dicari oleh Belanda.
Pada bagian lain dikisahkan tentang kekalahan Sultan atas Belanda, yang mengakibatkan istananya dibakar.Hal ini mengakibatkan pengeran Purbaya beserta Raden Gusik Kusuma istrinya melarikan diri mencari tempat persembunyian. Pada saat seperti ini Untung dan Raden Gusik Kusuma sering bertemu. Raden Gusik Kusuma menaruh hati kepada Untung.Pada saat itu juga untung menerima surat dari Suzanne.Untung bingunng memilih.Dia telah jatuh hati pada Raden Gusik Kusuma istri pangeran Purbaya,begitu pula yang dirasa Raden Gusik.Namun bayangan Suzanne yang dinikahinya dan telah memiliki seorang anak darinya,tak juga lekas berlalu.
Pelarian Untung beserta Gusik Kusuma sampai di daerah Cirebon.Sebelum masuk wilayah Cirebon,ia dihadang oleh Surapati beserta anak buahnya. Surapati adalah anak angkat sultan Cirebon.Surapati tidak menyukai kehadiran Untung, untuk itu ia memerintahkan anak buahnya untuk menyerang rombongan untung.Karena merasa kalah dalam peperangan, maka di depan Sultan Surapati menghasut untung melakukan pembunuhan pada pasukan Surapati.
Hasutan Surapati seperti senjata makan tuan, sebab atas kesaksian Raden Gusik,Surapati dinyatakan bersalah. Akibatnya setelah di siding, Surapati harus menerima hukuman bunuh.Setelah kematian Surapati, sultan memberikan kehormatan kepada Untung dengan julukan “ Raden Surapati”.
Selanjutnya Surapati beserta Raden Gusik melakukan perjalanan ke Kartasura.Di kepatihan Nerangkusuma, Surapati dan Raden Gusik dinikahkan.Setelah peristiwa tersebut Surapati mendapatkan kedudukan.Karena ada peralihan pemerintahan di Kartasura,maka Surapti meninggalkan keratin menuju Kediri, sampai saatnya sampai di Bangil Pasuruan.
Dinilah Surapati bertemu dengan Robert anaknya.Namun dalam pertemuan tersebut Robert dating atas nama Kompeni. Begitu tahu bahwa Robert anaknya, maka Surapati beserta Raden Gusik membujuk agar Robert mau tinggal bersamanya..Namun Robert menolaknya.
Dalam suatu pertempuran dengan kompeni, Surapati terlukan , yang akhirnya mengakibatkan ia meninggal dunia.



0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis