.

.

Rabu, 14 Maret 2012

PANTJA AZIMAT REVOLUSI




 TERJUAL, BY CILANDAK
Judul: PANTJA AZIMAT REVOLUSI
Penulis: BUNG KARNO
Tebal: 203 hlm.
DITERBITKAN OLEH: Fa. Penerbitan “GRIP” SURABAJA
Tahun: Tjetakan Pertama, 1965
Kondisi: Lumayan bekas.

Price: IDR 100.000,00  (belum termasuk ongkos kirim) 



Bung Karno-masa pengabdiannya sejak tahun 1918, masa muda, hingga wafatnya 21 Juni 1970-sudah memformulasikan pikiran-pikiran brilyan. Pikiran-pikiran itu lalu menjadi kesaksian sejarah perjalanan kemanusiaan. Pikiran Bung Karno yang kemudian meluncur melalui tulisan, ucapan, dan tindakan, bahkan diamnya itu yang olehnya lalu dikatakan sebagai ajaran Bung Karno dalam pidato tanggal 17 Agustus 1965.
Bung Karno membakukan pidato itu dengan formulasi Panca Azimat Revolusi. Kelima formulasi itu adalah, (1) Nasakom (sejak tahun 1926 dalam tulisan nasionalisme, Islamisme, marxisme). Lalu azimat (2) Pancasila yang lahir tahun 1945. (3) Manipol/USDEK lahir tahun 1959, (4) Trisakti (berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan) tahun 1964, dan (5) Berdikari (berdiri di atas kaki sendiri) lahir tahun 1965.
Kelima tonggak Panca Azimat Revolusi merupakan kesaksian sejarah kemanusiaan. Sebab keseluruhannya berisi amanat penderitaan rakyat di seluruh dunia. Ajaran Panca Azimat Revolusi (soekarnoisme), seluruhnya berisi membangun kemerdekaan bangsa-bangsa, sosialisme perdamaian dunia yang adil dan beradab.
Pada pidato 17 Agustus 1965, Bung Karno antara lain berdoa semoga gagasan-gagasan dan ajaran-ajarannya hidup seribu tahun lagi. Doa bapak itu adalah amanah bagi bangsa dan kami anak-anaknya. 

SUMBER ARTIKEL:





0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis