.

.

Jumat, 01 Juni 2012

ALAM PIKIRAN YUNANI DJILID I & II


Harga 2 djilid : Rp.100.000 (blum ongkir)
kondisi: lumayan
Penerbit : Tintamas dJakarta 1966 tjetakan 8
tebal: dijilid 1: 54 hal dan djilid II: 90 hal

Sambutan Bung Hatta dalam bukunya “Alam Pikiran junani”
---------------------------------------------------------------------------------------------------

”Sungguhpun filosofi sahabat kami sejak dari sekolah Tinggi, kami bukan seorang filosof dan bukan pula ahli dalam vak itu. Sebab itu perlu diterangkan sedikit, apa sebab kami menerbitkan karangan ini”
Buah karangan ini lahir berangsur-angsur sebagai hasil pelajaran di alam yang sunyi. Lahirnya bermula di tempat pembuangan di Boven Digul. Tatkala kami di sana memimpin pelajaran beberapa orang kawan ke dalam ekonomi, terasa oleh kami, bahwa baik juga kepada pelajar yang sudah mempunyai paham dan sudah mengalami perjuangan hidup disertakan pelajaran filosofi. Filosofi meluaskan pandangan serta menajamkan pikiran.

Ada dua jalan untuk mencapai pengetahuan tentang filosofi.
Pertama, menanamkan pengertian secara berangsur-angsur labih dahulu, dari yang agak mudah sampai kepada yang sulit-sulit benar, dan mempelajari susunan pengetahuan itu didalam sistemnya. Berbagai pertikaian paham diketahui dengan jalan ini sejak semulanya. Inilah jalan yang sebaik-baiknya bagi orang yang memilih filosofi sebagai faknya.

Jalan yang kedua inilah yang kita pakai dalam buku ini. Gunanya untuk mengetahui berbagai paham tentang yang satu, berbagai pandangan tentang alam dan sikap hidup. Dengan jalan ini tidak saja kita ketahui cara orang berpikir dahulukala, yang begitu berlainan dengan sekarang, melainkan kita mendapat juga timbangan yang luas tentang pendapat orang lain. Jalan ini melepaskan kita dari berpendapat sebagai katak dibawah tempurung. Pendirian picik berbahaya benar bagi kemajuan paham temtang Ilmu, pengetahuan dan Agama.

Buku ini akan dijadikan tiga jilid. Jilid pertama memaparkan paham-paham filosofi sebelum Sokrates. Dalam jilid kedua kelak akan diuraikan filosofi Grik yaitu ajaran-ajaran Sokrates, Plato dan Aristoteles. Jilid ketiga isinya filosofi Grik yang telah kembang jadi barang peradaban Helen dan Ramona, yang pusatnya bermula terletak di Iskandariah.

Kalau benar buku ini ada manfaatnya, seperti yang diucapkan oleh penerbit, maka pengarang tidak menyesal menyebarkan buat umum suatu uraian yang bermula disusun bagi beberapa orang saja.

Banda Neira 1941,
Pengarang :
Muhammad Hatta.

0 komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis