.

.

Minggu, 09 September 2012

Doa Mohon Kutukan, Emha Ainun Nadjib


Harga: Rp.35.000 (blum ongkir)
Kondisi: BAGUS.CETAKAN PERTAMA, FEBRUARI 1995.
Tebal: 81 hal
Berat: 0,9 Kg

Doa Mohon Kutukan
Oleh: EMHA AINUN NADJIB
Sumber: Kumpulan Puisi "Doa Mohon Kutukan' - 1994

dengan sangat kumohon kutukanMu, ya Tuhan
jika itu merupakan salah satu syarat agar pemimpin-pemimpinku
mulai berpikir untuk mencari kemuliaan hidup.
mencari derajat tinggi dihadapanMu sambil merasa cukup atas kekuasaan
dan kekayaan yang telah ditumpuknya

dengan sangat kumohon kutukanMu, ya Tuhan
untuk membersihkan kecurangan dari kiri kananku
untuk mengahalau dengki ari bumi
meNANAM POHON-POHONmY YANG BARU

AMBIL HIDUPKU SEKARANG JUGA
JIKA ITU MEMANG DIPERLUKAN UNTUK MENGNGKOSI TUMBUHNYA KETULUSAN HATI
kejernihan jiwa dan keadilan pikiran hamba-hambaMu di dunia
hardiklah aku di muka bumi, perhinakan aku di atas tanah panas ini
jadikan duka deritaku ini makanan bagi kegembiraan seluruh sahabat-sahabatku dalam kehidupan
asalkan sesudah kenyang, mereka menjadi lebih dekat denganMU

jika untuk mensirnakan segumpal rasa dengki di ahti satu orang hambaMu
diperlukan tumbal sebatang jari-jari tangaku, maka potonglah

potonglah sepeuluh batangku, kemudian tumbuhkan sepeuluh berikutnya seratus berikutnya seribu berikutnya, sehingga lubuk jiwa berribu-ribu hambaMu
menjadi terang benderang karena keikhlasan.

jika untuk menyembuhkan pikiran hambaMu dari kesombongan
dibutuhkan kekalahan pada hambaMu yang lain
maka kalahkanlah aku, asalkan sesudah kemenangan itu ia menundukan wajahnya dihadapanMu

jika untuk mengusir muatan kedunguan dibalik kepandaian hamaMu
diperlukan kehancuran pada hamaMu yang lain
maka hancurkan dan permalukan aku

asalkan kemudian Engkau tanamkan kesadaran fakih dihatinya

jika syarat untuk mendapatakan kebahagiaan
bagi manusia adalah kesengsaraan manusia lainnya
maka sengasarakanlah aku

jika jalan mizanMu di langit dan di bumi memerlukan kekalahan dan kerendahanku
maka unggulkanlah mereka, tinggikan derajata mereke di atasku

jika syarat untuk memperoleh pencahayaan dariMu
adalah penyadsaran akan kegelapan, maka gelapkanlah aku.

demi pesta cahaya di ubun-ubun para hambaMu
demi Engakau wahai Tuhan yang aku ada kecuali keran kemauanMu

aku berikrar dengan sungguh-sungguh
bahwa bukan kejayaan dan kemenangan yang aku dambakan
bukan keunggulan dan kehebatan yang kulaparkan
serta bukan kebahagiaan dan kekayaan yang aku hauskan

demi Engkau wahai Tuhan tambatan hatiku
aku tidak menempuh dunia, aku tidak memburu akhirat
hidupku hanalah memandangMu
sampai kembali hakikat tiadaku.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa menuliskan sedikit komentar ya....? banyak juga boleh..........thanks.....

Related Post

ShareThis